Proses Pembelian ( AIDA)
#Tugas Softskill
Dalam komunikasi
pemasaran perlu dirumuskan tujuan yang ingin dicapai dari proses komunikasi
pemasaran yang akan dilakukan. Setelah menentukan khalayak sasaran dengan
persepsinya, pemasar harus memutuskan respon yang terjadi. Respon khalayak
tersebut dapat berupa cognitive (tahap kesadaran), affective (tahap pengaruh),
behavioral/conative (tahap tindakan pembelian).
Model AIDA (Attention,
Interest, Desire, Action) adalah salah satu model hirarki respon yang cukup
popular bagi pemasar sebagai pedoman dalam melaksanakan kegiatan pemasaran.
Menurut model ini, alat promosi harus menarik perhatian, mendapatkan dan
mendorong minat, membangkitkan keinginan, dan menghasilkan tindakan. Dalam
membangun program komunikasi yang efektif, aspek terpenting adalah memahami
proses terjadinya respon dari konsumen, misalnya dalam hal konsumen melakukan
pembelian suatu produk, maka diperlukan pemahaman mengenai usaha promosi yang
dapat mempengaruhi respon konsumen tersebut (Belch 1995:163 dalam Nurbenny
2005:38).
Teori keputusan pembelian
dalm model AIDA dijelaskan dalam empat tahap sebagai berikut :
• Tahap Menaruh
Perhatian (Attention)
• Tahap
Ketertarikan (Interest)
• Tahap
Berhasrat/Berniat (Desire )
• Tahap Memutuskan
untuk aksi beli (Action)
Teori AIDA (Tjetjep Djatnika,2007) yang mendalilkan bahwa pengambilan keputusan pembelian adalah suatu proses psikologis yang dilalui oleh Konsumen atau pembeli, prosesnya yang diawali dengan tahap menaruh perhatian (Attention) terhadap barang atau jasa yang kemudian jika berkesan dia akan melangkah ke tahap ketertarikan (Interest) untuk mengetahui lebih jauh tentang keistimewaan produk atau jasa tersebut yang jika intensitas ketertarikannya kuat berlanjut ke tahap berhasrat/berminat (Desire) karena barang atau jasa yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan-nya. Jika hasrat dan minatnya begitu kuat baik karena dorongan dari dalam atau rangsangan persuasif dari luar maka konsumen atau pembeli tersebut akan mengambil keputusan membeli (Action to buy) barang atau jasa yang di tawarkan.http://tutorialkuliah.blogspot.com/2009/11/teori-keputusan-pembelian-aida.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar