Segmentasi
pasar adalah
kegiatan membagi suatu pasar menjadi
kelompok-kelompok pembeli yang
berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang
mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda. Segmentasi pasar
juga dapat diartikan sebagai proses pengidentifikasian dan menganalisis para
pembeli di pasar produk, menganalisis perbedaan antara pembeli di pasar.
Dasar segmentasi pasar pada pasar konsumen adalah :
·
Variabel geografi
Variabel tersebut, antara
lain: wilayah, ukuran daerah, ukuran kota, dan kepadatan iklim.
·
Variabel demografi
Variabel tersebut, antara
lain: umur, keluarga, siklus hidup, pendapatan, pendidikan, dll.
·
Variabel psikologis
Variabel
tersebut, antara lain: kelas sosial, gaya hidup, dan kepribadian
Dasar segmentasi pada pasar industri adalah :
·
Tahap 1, yaitu menetapkan segmentasi makro, yakni pasar pemakai
akhir, lokasi geografis, dan banyaknya langganan.
·
Tahap 2, yaitu sikap terhadap penjual, ciri–ciri kepribadian,
kualitas produk, dan pelanggan.
Manfaat Segmentasi Pasar :
·
Penjual atau produsen berada dalam posisi yang lebih baik untuk
memilih kesempatan-kesempatan pemasaran.
·
Penjual atau produsen dapat menggunakan pengetahuannya terhadap
respon pemasaran yang berbeda-beda, sehingga dapat mengalokasikan anggarannya
secara lebih tepat pada berbagai segmen.
·
Penjual atau produsen dapat mengatur produk lebih baik dan daya
tarik pemasarannya.
Ada beberapa syarat segmentasi
yang efektif, yaitu:
·
Dapat diukur
·
Dapat dicapai
·
Cukup besar atau cukup menguntungkan
·
Dapat dibedakan
·
Dapat dilaksanakan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar